Senin, 01 Februari 2016

Sekilas Tentang Sekolah Ikatan dinas

STMKG

Siapa sih yang ngga tau sekolah ikatan dinas?? Siapa sih yang ga pengen anaknya bisa sekolah di ikatan dinas?? Dan apa sih sekolah ikatan dinas itu?? Mungkin dari pertanyaan inilah kita semua ingin tahu apa sih itu sekolah ikatan dinas. Apalagi terutama adek-adek kelas 12 yang lagi galau-galaunya mikirin pengen kuliah dimana sehabis lulus. Tenang ga usah galau adek-adek semua, pikirin dulu tuh Ujian Akhir Nasional kalian jangan mikirin ceweknya aja hehe. Tapi jangan lupa persiapin diri juga buat masuk perguruan tinggi sesuai minat kalian masing-masing.

Kakak sarankan nih masuk aja di sekolah ikatan dinas . Banyak enaknya  di sekolah ikatan dinas, orang tua ga usah pusing-pusing mikirin uang kuliah semuanya udah gratis ditanggung negara. Apalagi sekarang tahu sendiri kan biaya kuliah baik di universitas swasta dan negeri mahalnya bikin leher tercekik. Kalau di sekolah ikatan dinas mah kalian ga usah pusying, cukup belajar dengan rajin aja biar lulus dengan predikat cumlaude.  Sekolah ikatan dinas kebanyakan berada di bawah naungan kementrian-kementrian tertentu. Contohnya: Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) berada di bawah BMKG, Sekolah Tinggi Sandi Negara dibawah Lemsaneg, PKN-STAN dibawah kementrian Keuangan, IPDN dibawah Kementrian Dalam Negeri dan masih banyak lagi. Jika masih pengen tau lebih lanjut cari aja di mbah Google.

Ada yang tau ga perbedaan sekolah ikatan dinas dengan kedinasan? Kalua ada yang belum tahu mari simak penjelasan berikut :
·         Ikatan dinas : pendidikannya full gratis dan langsung diangkat pegawai negeri di lingkungan terkait. Contoh STMKG, STSN, IPDN
·         Kedinasan    :  sekolah yang berada di bawah dinas tertentu. Misalnya STKS dibawah Kementrian Sosial Republik Indonesia. Dan lulusannya belum tentu bekerja di lingkungan Dinas yang membawahi sekolahan tersebut. Contoh : Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN), Sekolah Tingi Kesejahteraan Sosial (STKS)Be
berapa contoh perguruan tinggi berstatus ikatan dinas di Indonesia. Yang biasanya mendapatkan beberapa fasilitas seperti :
- Mendapatkan uang saku Tunjangan Ikatan dinas tiap bulan.
- Biaya Kuliah Gratis.
- Ikatan dinas yang pasti langsung diangkat dan bekerja di lingkungan Kedinasan yang membawahi. PTK tersebut misalnya:
- STMKG                              - STSN
- STIS                                     - AKIP
- Akpol                                  - IPDN
- Akmil




Kali ini saya akan berbagi informasi tentang STMKG, kalian tentu yang suka cari informasi  tentang sekolah ikatan dinas tentu tak akan asing lagi dengan Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Jakarta ini. STMKG adalah sekolah kikatan dinas dibawah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kalian pasti udah ga asing dong dengan institusi BMKG. Di televisi pasti setiap acara berita memberitahu prakiraan cuaca daerah di Indonesia, apalagi kalua ada gempa tentu peran BMKG sangatlah besar.

STMKG terletak di Tangerang Selatan, pendidikan disini sangatlah enak dan dijamin ga rugi masuk sini. Orang tua pasti banggalah. Kalian disini akan kenal dengan berbagai macam suku, adat dari seluruh Indonesia. Disini kalian akan diajarkan menghargai sesama dan persatuan. Meskipun menjalakankan sistem ketarunaan kalian ga usah takut ya, ga ada kekerasan kok, ga ada yang namanya sampe mati kayak di sekolah-sekolah lain. Sekarang sudah ga jamannya lagi pendidikan kayak gituan. Buat apa sih kekerasan? Buat pamer-pamer otot?? Ga da gunanya, kita disini dididik sitem ketarunanan agar disiplin sehingga kelak menjadi pegawai yang mempunyai disiplin tinggi dan etos kerja yang bagus.

Tes STMKG dilakukan di regional-regional provinsi, sedikit cerita kakak dulu tes di Surabaya. Persiapkan diri kalian sebaik mungkin dan selalu berdoa kepada Tuhan Yanga Maha Esa. Tak lupa setiap mau berangkat tes mintalah doa restu dari orang tua karena doa orang tua sangat mujarab. Pelajari soal-soal TKD dn TKA, kemudian jaga kesehatan dan rajin olahraga. Jangan berprasangka buruk, yakinlah kalau adek-adek pasti bisa masuk. Tak ada yang tak mungkin jika kita berusaha dengan sungguh-sungguh.

Untuk jurusan di sini terdapat empat prodi yaitu :
·         Meteorologi
·         Klimatologi
·         Geofisika
·         Instrumentasi


Ga usah pusing-pusing dalam memilih prodi, semuanya sama saja kok. Selamat berjuang bagi yang ingin mendaftar di STMKG, kakak tunggu kalian di kampus STMKG.




                Sekian informasi yang bentuknya kayak cerita ini, untuk lebih lengkapnya mengenai STMKG silahkan buka www.stmkg.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar