Senin, 08 Februari 2016

Kapal Marine Vessel Power Plant di Amurang

Ketika saya diajak kakak untuk jalan-jalan di PLTU 2 Amurang ternyata disana singgah kapal pembangkit listrik dari Turki. Saya pun penasaran dengan kapal tersebut sehingga mencari informasi terhadap kapal tersebut. Kapal genset raksasa dari Turki ini bernama Karadeniz Powership Zeynep Sultan telah dioperasikan di perairan Amurang Minahasa Selatan sejak Januari 2016. Kapal Pembangkit Listrik atau Marine Vessel Power Plant ini berkapasitas 120 Mega Watt.

Kapal yang dilepas oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 8 Desember 2015 di Pelabuhan Tanjung Priok ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan listrik diwilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo smbil menunggu beroperasinya pembangkit listrik baru yang saat ini dalam proses pengerjaan diarea PLTU 2 Amurang.

Saat ini sering terjadi pemadaman listrik secara bergantian diwilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo karena kekurangan pasokan listrik. Kebutuhan listrik diwilayah Sulawesi Utara dan Gorontalo mencapai 325 MW, sedangkan kemampuan suplai dari pembangkit yang ada hanya 273 MW sehingga ada kekurangan sebesar 53 MW. Kapal ini akan disewa oleh PLN selama lima tahun. Dalam menyupai kebutuhan listrik, kapan ini akan dibayar Rp. 104.400.000 per jam.

Disamping area kapal ini bersandar terdapat objek wisata pantai yang kerap digunakan oleh warga sekitar Minahasa Selatan untuk berwisata, saya lupa nama pantainya. Kapal ini saya lihat digunakan oleh warga sekitar untuk foto-foto dan melihat kapal dari pantai. Banyak warga yang berbondong-bondong datang untuk sekedar melihat kapal ini. Didekat PLTU 2 Amurang sendiri tengah dibangun sebuah sekolah pelayaran.

Kapal ini juga merupakan bukti kedekatan hubungan bilateral antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Turki dalam hal bidang energi. Semoga adanya kapal Pembangkit Listrik ini dapat mengatasi permasalahan kurangnya pasokan listrik didaerah tersebut sehingga masyarakat tidak dirugikan dengan adanya pemadaman listrik yang sering dilakukan secara bergantian oleh PLN. Sekian terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar